Translate/Terjemahan

Kamis, 16 Mei 2013

SO, NOW...SO DIFFERENT
            Emang ya jaman sekarang tuh udah beda banget. Yang mana yang beda? Banyak banget deh. Yang konkrit dong! Oke, gini, kita kan manusia kaann, terus kita mengalami evolusi ya. Menurut Darwin teori evolusi-lah ya, yang dari kera menjadi manusia modern (singkatnya gitu ya). Tapi, rupanya yang berubah ga cuman dari fisik dan pemikiran tentang makanan, cara berburu dan hal dasar yang di atur naluri. Maksudnya gimana sih? Bingung banget, ga jelas (iya, sama, aku  juga bingung banget gimana nulisnya).
            Ah, yang  jelasnya beginilah. Jangan tutup dulu hatimu, apalagi sampe stroke :DJadi gini, aku punya akun facebook (nah, promosi kan si Mark). Jadi di fb temenan sama ribuan orang yang kenal dekat banget alias satu rumah sampe yang dari kutub, hehe nggaklah. Penggunaannya sih lumayan berguna. Sering kali tau berita apa-apa tuh dari fb. Mulai dari kucing si Eun Seok (jangan tanya siapa itu, sumpah nggak kenal) yang mati sampe siapa menkeu yang baru. Oh ya, kalau di fb-ku yang paling banyak itu status fan page atau page yang emang aku sengaja like buat informasi. Banyak banget kan tuh page yang ngasih informasi gratis mulai dari kesehatan sampai artis-artis (tetep doyan gosip yaa). Oke back to main topic guys.
            Nah, di fb ini aku berteman sama junior eh jangan junior deh, adik kelas sekolahan dulu. Sebut ga ya? Yah itulah. Terus apa yang istimewa? Ternyata mereka-mereka tuh udah bedaaa banget dari jaman aku sekolah dulu. Padahal belom juga lama. Yang aku omongin ini kira-kira beda 3 tahunlah sama aku. Misalnya nih status-status tentang selingkuh, maki-maki di fb, sayang-sayangan (masih maklum deh, namanya juga puber), berbahasa yang kasar dan aduhhh! Padahal masih cilik-cilik banget loh, bayangin aja sma kelas 1. Lebih lengkapnya cek aja di tkp ya. Emang kenapa? Masalah gitu?
            Jadi gini, sekolahku itu adanya di pelosok desa ya, di daerah Batak dan pastinya adat itu masih kenceng bangetlah. Jaman sekolah dulu pacaran itu kayak terlarang gitu. Kita pacaran, buset... satu kampung tau tuh dan semua kenal sama pacar. Tiba-tiba jadi artislah, diomongin orang-orang (yeee ^^). Pacar ke rumah aja diomongin, buset!Tapi nggak semua ya, nggak semuanya begitu. Tapi mayoritas ga ‘terima’lah.
            Eh, sekarang pada enak-enak aja ya (ngiri apa ya). Kayak udah nggak ada batasan gitu. Terus terang aku menyayangkan sih. Kayak udah nggak ada lagi etika, perasaan malu dan perasaan berdosa. Oh ya, perasaan malu dan berdosa itu perlu loh. FYI, yang aku maksud tuh bukan yang kayak di Jepun ya, yang sampe ada tradisi harakiri di kalangan siswa gara-gara ga bisa ngerjain PR. Pemerintahnya juga kalau emang melakukan kesalahan, maka dengan sesadar-sadarnya mereka akan mengundurkan diri bahkan ya harakiri tadi itu. Di negara ini mah, di jamin ga ada yang begitu. Pr? Cuih! Korupsi? Wajarrrr! hahaha. Tapi, tetep ada yang bisa di ambil loh, maksudku nilai moral, rajin, punya rasa malu alias tau diri dan tau batasan dan totalitas. Oke, enough for Japan.
Bukannya apa-apa ya, bukan juga sok menggurui, tapi please be nice-lah. Kalau generasi yang Cuma beda 3 tahun sama aku aja udah begitu, gimana nanti generasi anak gw?? Cucu? Buyut? 100 tahun lagi? Kalau belum kiamat gitu. Nah, mikirnya kesitu. Tetep egois juga :D
            Angkatanku ga ada tuh yang begitu. Kalau ada juga pasti kita-kita (temen-temennya) protes, itu ga bagus, kira-kira kayak gitu. Jadi pada kekontrollah. Kalaupun ada yang aneh, paling Cuma status yang sengaja di bikin campuran huruf, angka dan simbol yang njelimet bikin mata cacingan. Pokoknya truly different-lah sama yang sekarang. Oh ya, untuk menghindari timpukan batu, perlu dikasih tau juga, adik-adikku itu nggak semuanya begitu kok. Masih ada yang normal.
            Tapi, berdasar kasus ini (bahasanye) aku jadi bikin beberapa kesimpulan sih dan pertanyaan juga.
Kenapa mereka jadi kayak gitu ya? Analisaku sih (udah ngamatin cukup lama),
1)   Mereka kehilangan figur yang baik untuk di tiru
2)   Mereka mendapat tontonan yang bener-bener ga cocok untuk mereka sehingga menjadi ‘dewasa’ terlalu cepat (ga perlu dibeberin kan contohnya T,T)
3)   Tidak ada filtrasi diri sendiri (ini yang paling penting) sehingga apa yang di lihat, baca, dengar langsung aja masuk ke otak dan parahnya itu langsung melekat
4)   Adanya anggapan bahwa jadi seseorang yang begitu itu tuh keren dan di cap gaul
5)   Faktor orang tua/masyarakat yang juga sudah berubah pandangannya (soalnya jaman ku ga begitu)
6)   Nilai adat dan religi sudah hilang/pudar
7)   Emang udah takdir jaman sekarang ancur seancur-ancurnya


Terus gimana dong? Kalau aku sih terus terang jujur ku katakan ga terlalu banyak kontak dengan mereka. Cuma ada beberapa yang suka aku kasih link bagus supaya mau belajar dan jangan jadi kayak saya yang merupakan contoh orang ga bener, hahaha. Yang bikin tulisan aja orang ga bener, yah gimana? Jadi intinya, aku support yang emang aku liat bener-bener masih bisa dibenerin. Ah kamu juga nutup mata dong! Ah ga juga, ntar ini tulisan di share ke fb biar pada baca dan mudah-mudahan berubah ya, amin.
            Emm...last topic, hal penting yang  jadi main topic maksudnya, jaman tuh udah berubah secepat yang kita ga duga. Sekarang aja udah begini apalagi entar-entar yah. Apa kita nutup mata? Mending kalau perubahannya ke yang baik, lah ini? Oh ya, yang aku sesali juga adalah kayaknya adik-adikku ini masih belum mau membuka mata untuk berkompetisi. Baru-baru ini aku membaca berita anak-anak Indonesia yang menang di olimpiade fisika internasional. Kita kapan dong? Ga mesti bidang akademisi dan ilmu pasti kok, kesenian pun sangat bernilai dan merupakan pencapaian. Apapun hal yang kamu minati dan bernilai positiflah. Jangan kayak saya yang aduh, ga usah di ceritainlah.
Oke, that’s all. Mudah-mudahan berguna ya. Do something.

ps : ga ngasih foto dulu ya, soalnya ada rencana xxx hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar