Translate/Terjemahan

Jumat, 21 Juni 2013

PESBUK
Duh, malam yang alot nih. Udah 00.20 dan gw belom juga bisa tidur (20/6). Terus, gw mencoba untuk membayang-bayangkan masa depan, rumah gw nanti pagarnya dari tembok atau api, tapi tetep ga bisa tidur. Terus, gw ngapain yah? Ahhaa (clinnggg! Obor nyala di kuping gw), gmn klu gw pesbukan aja dulu. Toh kan ga banyak yang ol segini larut, gw mau ngeliatin beberapa fanpage yang sering banget gw kunjungi. Wait! Modem kan punya kuota Cuma 2GB. Kalau gw pake malam ini, otomatis jatah gw besok berkurang dong. Hem, sebaiknya jangan. Terusss aja gw paksa mata gw merem. Aduh dasar emang cacingan kali, ga bisa tidur! Ahha! Ide jenius! Gimana kalau gw nulis tentang kisah-kasih gw dengan facebook?! Ide brilian, saya jenius!!
Iya, sori aja kalu ga menarik. Tapi kisah dan pengalaman bertahun-tahun jadi pesbuker itu banyak sekali loh. Mulai dari yang masalah kecil sampai besar. Hihii..nggaklah. sooooo here we go.
Tahun 2010-an, masa agak heboh-hebohnya pesbuk di sekolahan gw. Kakak-kakak kelas gw yang keren-keren itu udah pada punya tuh. Wah, kayaknya pada kereenn banget gitu kalau punya fb. Kalau seangkatan gw sih, agak telat seminggu huehehe. Jadi, awalnya, gw sama sekali ga tertarik. Mana jaman itu handphone masih jadul bgt pula. Hoohh no! Dan emang belom se-ngejamur kayak 2011-2012-an lah, dimana pada periode titanierisophanium itu (bahasa apa itu? forvita!!), onta pun dibikinin fb. Bayi yang baru lahirr jg cuy, eetttdah! Gw dan beberapa temen gw sekampoang bertekad untuk memusuhi pesbuk (ga segitunya sih). Bahkan tau nggak hal memalukan yang gw bilang ke temen-temen gw waktu itu? BEGINI : “AHH, GW SIH GA MAU PUNYA PESBUK. HABISNYA RIBET MESTI BIKIN STATUSLAH, APALAH” Padahal sumpah! Waktu itu mah gw aja ga ngerti status itu kayak gimana, duhhh jadi malu ingat itu.
 Awal dari bencana itu adalah saat negara api menyerang. Bumi pun gonjang-ganjing. Hanya Avatar yang bisa menyelamatkan kami. Ya enggaklah. Awal september 2010, abang gw pulang, mau nikah di kampung. Jadi, abang gw ini punya fb, namanya tau ga siapa? Ihhh di alay-alay-in gitu deh. Ngikkk..pikir gw waktu itu. Tapi kan gw penasaran jg, secara gitu loh, kakak kelas yang make itu ya yang keren-kerennya, jadi gw pikir, sebagai generasi penerus kekerenan yang keren-keren (ngejanya susah, iya gw tau) , gw pun bertanya pada abang gw “bang, bang, emang pesbuk itu gimana sih?” dengan muka polos anak tidak di beri popok. Abang gw pun ngejelasin, sembari itu fb dia di buka, owwhhh ajaibbb! Ada foto! Ulalaaa! Muncul dari layar gitu! Kantong ajaib Doraemon ternyata nyata kenyataannya. Terus diterangin, ini namanya se-ta-tus, itu semacam catatan harian tentang apa yang kita pikirin, ini kalo kita suka tinggal kita klik suka, kalau mau komen bisa juga, blabliblubleblo. Waoooww! Hebat! Terus gw langsung mintain kk gw buat bikinin gw pesbuk. Hahaha padahal gw yang pernah ngomong : males punya pesbuk. Terus waktu itu, gw dihadiahin handphone. Walaupun bukan Samsung Galaxy, yang penting bisa sms, telpon, poto, denger musik daannn pesbukan!
Terus, keanehan berlanjut di sana (dimana sonde beta ambe air to??). Gw ga tau, buka fb tuh gmn??! Soalnya sebelumnya tuh abang gw langsung log-in sih. Bujuggg, norak banget deh. Noraaakkk abis. Iya sih, dulu mah gw gaptek banget. Sekarang? Masih sama! Terus gw otak-atik, nanya temen sekelas yang udah punya fb, ohhhh begitu toh, ana ngaroti sekarang he. Oke, oke. Masa-masa nge-add temen. Ya elah, masih bingung bgtlah. Lama-lama bikin status sendiri,. Status pertama gw sih seingat gw kira-kira bunyinya begini (hah?!? Bunyi??) : duh, dingin banget kampung gw, kayak di kutub utara. Yah, kira-kira gitu deh. Ya elah, kayak apa aja deh. Eh, sekarang, gara-gara tampilan kronologi, males bgt. Banyak hal yang hilang cuy dari peradaban fb gw itu. Entah dimana dirinya sekarang. Terus pernah juga ya, kalau banyak yang nge-like rasanya seneeenng bgt, tak terkira sukacita di hati ini. Terusdi komen “LIKE BALIK YAH” Aduh kelinciku, malang nian beta punya nasib ini. Harus di like balik. Padahal kan kita like sebaiknya karena bener-bener suka. Hahaha. Sekarang sih udah nggak begitu ya, bodo amat ada kek yang nge-like, nggak ada kek, emang ngaruh buat gaji gw? Ciuuhhhh dan cuiihh.
Terus mulai deh tau grup dan page. Grup pertama gw adalah grup belajar dan sampe sekarang masih ada tuh. Hahaha, kayak orang rajin banget aja gw ya, grup belajar, sekali lagi ciuh dan cuih. Kadang-kadang ada yang bikin grup ga jelas, eeehh sembarangan aja masukin kita. Mending kalo grupnya bagus. Ini aduhhh kaga jolas. Yang galau-galaulah, ada pula grup yang lebih aneh dari itu. Yang paling aneh yang gw pernah dimasukin dengan semena-mena, hubungan LDR GALAU gitu deh, bujug!! Jijik banget gw baca postingannya. Ada-ada aja ye. Yang ga manfaat begitu biasanya gw langsung leave grup. Terus gw dan temen satu kelas gw pernah tuh bikin page belajar. Sok-sokan, hehehe. Eehh ada yang bilang begini : kalau emang kamu merasa pantes jadi admin, coba, kenapa ga ada jalan raya di Papua? Gitu pertanyaannya. Hihh. Tapi, tak lama kemudian, nasib naas menghampiri page itu karena yah, kita kan punya jadwal yang padat sebagai maskot PBB. Tapi, sebelumnya gw pernah jadi admin loh di fp tentang film. Padahal gw ga tau apa-apa loh. Waktu itu ada pemilihan admin, di kasih soal, ya sebisanya gw jawab, gw kan emang doyan film barat, ehh gw di angkat jadi admin. Ya wes, tapi itu juga gw tinggalin.
Jaman itu, kartu XL baik banget deh. Gw mau main fb pagi, siang, sore, gratis tis tis! Istimewanya, bisa liat foto juga loh, aduhh puas-puasin deh. Ada tuh temen gw, pada demen bgt fb-an di hp jelek-takberdosa-butut-gabermerk-gadilapisiemas24k gw itu. Masa-masanya JB pula, jadinya bisa ngambil foto banyak-banyak. Spesialnya, ga di semua kartu lohh begitu. Banyak temen gw pake xl tapi tetep bayar. yang ada di pikiran gw Cuma dua, 1) sebenarnya gw adalah cucu dari pemilik XL Axiata yang menjadi Cucu yang Terlempar dan opa gw (huekk opa) diam-diam memperhatikan gw. 2) promosi saudaraaa! Promosiiii! Dasar penipu! Aku benci kau! Benciiii!
Ya, kesimpulan kedualah yang tepat sekali menohok ulu hati. Kebahagiaan itu sirna, ketika doraemon kembali ke masa depan meninggalkan Nobita. Enggak, enggak. Yah, XL menarik perhatiannya itu. Ya udah, 0.fb pun muncul sebagai penyelamat. Duh, doyan banget dah yang gratisan. Gpp ga pake poto, yang penting GRATIS!!!
Fb gw pernah tuh kena hack. Tau deh, kerjaan siapa. Hanya dia dan Tuhan yang tau (bunyi Fur Elise-nya Beethoven mengalun di kejauhan). Tapi untuuungg deh ga diapa-apain. Kan ada tuh, kadang dikerjain dengan video kotor atau foto kotor, atau kata-kata jorok, semisal video toilet jigong, foto ‘lele kuning’ atau kata-kata semisal ‘toilet, sampah, kol busuk, sampe kolor busuk’. Hahaha ada yang ngeres mesti. Temen gw (setelah di mohon-mohon) akhirnya bersedia mencuri kembali belahan jiwa gw itu. Sempet sih, gw di bikin 2nd account, tapi hati gw sudah terpaut sama yang pertama itu, sampai saat ini. Tragis sekali!
Panjang ye, cerita tentang fb gw doang. Masih ada lohhh. Jadi, ada satu hal ganjil di fb gw yang pernah juga gw bikin status. Apakah itu? Apakah munculnya Tutur Tinular? Raditya Dika wtw-an ama gw? (enggak mungkin, enggak mungkkiiin) Atau apakah pernah ada yang ngajak gw ke piramida pake becak pak kusir yang sedang bekerja tukitakituk??? Salaaahh! Ini niih yaaa, ini yang selalu mengganggu pikiran gw, SETIAP GW NGE-ADD ORANG, PASTI, PASTTTIIII, PAAASSSTTTIIII DIKONFIRMASINYA LAMAAAAAA!!! KUTUKAN DARI MANA INI WAHAI KABEL??? Hahhh, iya loh, aneh binti sulasule. Aneh sekali ini. Banyak yang gw add, banyaaakk sekali. Ada sih yang cepet konfir, itu juga karena gw naro bom di perut ikan teri-kacang buat makan siang, kalau nggak waahh kayaknya ga bakal deh gw di konfir. Gw heran ye, kenapa pada nggak mau konfir gw.
Apakah foto gw kayak orang minta sumbangan? Ah, pernah kok gw taroh pp gw gambar animasi, tulisan, macem-macem, tapi sama aja. Terus, apakah muka gw ini mencerminkan kebiadaban manusia? Iya sih, tapi kayaknya banyak yang bermuka begitu tapi di konfir. Kalau begitu apa? Apa salah dan dosa gw? Muka gw sih emang jelek, gw emang item udah gitu pendek, gw emang ga pasang foto editan sana sini sehingga mukanya kinclong clong clong, paling banter gw bikin efek abu-abu di foto gw. Gw juga ga pasang pp yang sok-sok-an foto ngadep kaca tapi muka di tutup gadget, semisal bebe atawa iPhone 5, gw juga emang ga pasang poto yang senyumnya terhalang oleh behel atau atau foto dengan dada yang kepampang lebar make baju ngetat atau celana pendek sekali sampe ga tau bedanya, itu celana apa daleman, (TUH KAAANN, KELUAR SEMUA MAKIAN GW) emang gw ga pasang sih, tapi gw kan ga makan orang, apalagi sepatu kuda. Yang paling penting, gw kan manusia juga, sesama manusia looh. duh, kutukan siapa ini?! Perasaan gw juga kalau soal ngekonfir orang, gw cepet-cepet kok. Kenapa yah? Apa yang salah dengan nama, foto, dan muka gw?! Apaaaaaa?? Jelaskan padaku isi hatimu kalau kau punya hati. Teori gw mungkin berlaku : ORANG DENGAN MUKA CAKEP, TERSERAH MAU EDITAN PHOTOSHOP ATAU DENGAN PENCITRAAN SATELIT NASA, TERLEBIH BILA DI TERLIHAT SEKSI (ATAU BEGO KALAU DI MATA GW), DENGAN DADA TERBUKA LEBAR ATAU PAHA YANG UDAH GA ADA HARGANYA, TERLEBIH LAGI JIKA BIBIRNYA DIMONYONG-MONYONGIN GA JELAS, MUNGKIN MERASA IMUT, INDAH, TERPANDANG, TERCANTIK ATAU BAHKAN TERINJAK, MAKA LALER PUN MENGHAMPIRI DENGAN CEPAT! CEPAT SEKALI! DUUHH
            Yang paling parah nih ya, gw kadang udah lupa nge-addnya kapan. Secara gitu, gw kan nge-add orang selain karena teman alias kenal, pokoknya pasti ada alesannya yang sangat benar-benar perlu gw diskusikan dengan FBI (Hah??!) gw udah lupaaa selupa-lupanya, ehhh baru di konfir. Cuiihh dah. Gw remove aja sekalian. Ga deh, hehehe. Iya loh, kadang ada notif : si cewek imut merasa cantik menerima permintaan pertemanan anda. Loh, kapan gw nge-add ini orang, siapa ini? Ada apa dengan dunia yang fana ini? Aku tak kenal!!
Sampe sekarang masih berlaku loh itu kutukan. Belom ada yang konfir gw lagi (yang gw ingat gw add beberapa bulan terakhir ini). Apa ya yang membedakan gw dengan orang-orang yang sudah di konfir itu? Muncullah pikiran negatif di pikiran gw. Macem-macem deh. Duhhh sebodolah. Gw tarik aja satu-satu. Batalkan permintaan. Apakah anda yakin anda ingin membatalkan permintaan pertemanan ini? Iyaa, yakin sekali pake banget. Yang paling nyeseknya itu tau ga lu apa, itu adalah kalau SI ORANG YANG KITA ADD INI KOMEN SETATUS ATAU APAPUNLAH ITU PUNYA TEMEN BAIK KITA YANG SECARA JELAS KITA TAU, NGE-ADDNYA BELAKANGAN!! Duhhh, Gusti. Sakitnya hati ini. Kejadian nyata bener deh. Masa sih gw diabaikan begitu aja? Kan kenal, bukannya ga kenal, akrab malah. Duh, emang yah, tak dapat dipungkiri, faktor cangkul itu berlaku. Maka, cangkul, cangkul, cangkullah yang dalam. Huuhuhuuu.
Sebagai akibat dari kejadian-kejadian itu, gw pun mengalami gangguan psikologis, gw ga mau lagi  ngeadd orang. Sudah berbaik hati gw nge-add toh ga di konfir. Kalau di konfir pun, paling saat gw udah lupa alasan nge-add itu apa. ada yang nyampe tahunan loh baru konfir gw. ada juga yang gw ingat gw add saat awal punya pesbuk tapi sampe sekarang ga di konfir. Terjadi penyakit psikologis mendalam pemirsa. Terjadi trauma yang secara mendalam telah merasuki peraduan di malam hari (apa hubungannya??) iya loh, terserah deh, gw mau di bilang aneh, sombong, biadab, yang perlu kalian ketahui, gw ga mau nge-add orang lagi (kecuali kalau orangnya di samping gw dan gw naroh piso di lehernya sambil tereak : KONFIRR YA, AWAS KALAU GA! GW MASAKIN CACING BUAT LU!) . gw ga pernah lagi nge-add orang.
Haduh, fb emang penuh cerita ye. Yang status galau-galauan karena berantem sama pacarlah, bete-betean sama temenlah, nyindir musuhlah. Dasar alay deh waktu itu. Bikin status huruf-huruf di campur ama angka-angka, sama icon apa, kaga jelas deh yang penting keliatan gaul. Eh begitu baca status lama di taun 2013 ini ngakak bangetlah. Aduhh gw se-alay itu yah dulu, seaneh dan sebodoh itu. Nggak nyadar kalau bakal banyak yang baca. Untung status gw yang begitu ga nyampe seratus, paling 1-2 lah. Makanya itu, kalau ada anak ABG yang bikin setatus “paaku enat-enhuth knhaa phanass nya cihang mana ci bebep endut cayang bliblibliiiii” gw jadi maklum aja. Ngelus dinding sambil bilang : sabaaarr... lu dulu juga kan begitu (ga begitu amat sih, liat aja fb gw) . Namanya juga ABG, masih labil itu. Ntar tinggal kasih aja molotov di hape-nya sama TNT di kompinya, duar deh. Hahahah. Sebelum baca status tahun 2010 itu mah, gw maki-maki abis, ehhh ternyata gw juga dulu alay. Bilang saya aja saiiiaaa, hurup nya juga besar kecil, bujug dah. Kelas X bilang begitu? Wajar...wajar. pembelaan diri harus tetap dilakukan. kan waktu itu quotesnya adalah : siapa yang paling alay, dia akan mencapai keberhasilan di fb. Duhhh. Asal ga sampe tua aja alay-nya, gw sepak juga. Apanya? Bola lah. Tapi seenggaknya, gw nggak separah remaja labil jaman sekarang, hiuhiuhiu
Yang paling gw demen di pesbuk adalah banyak banget page seru dan ngasih info gratis gitu loh. Yah, kalau gratis, hati siapa tak tergoda, ya toh? Orang Indonesia gitu. Soriiii, pisss buat yang ngerasa nggak setuju. Dari page ini dapet info banyakkkk banget, mulai dari ayat renunganlah, ember terbarulah, timun bintang punya Jepang atau gosip. Doyan deh. Tapi, sayang banget yah, remaja sekarang kayak kurang bijak make fb. Kan banyak tuh kasus kenalan di fb, eehh ujung-ujungnya malah di x, y dan z-in. Kan kasian kucingnya?! Penipuan deh ya singkatnya.
Salah satu hal yang ngeselin di fb tau ga?? Tag macem-macem, sembarangan aja! Mulai dari foto apa, ga jelas, jual handphone, apalagi kalo bb, duhhhhh panjang banget keterangannya! Menuhin wall gw woooyyy! Yang gadget pasti panjang-panjang bgt. Aduuhh, sejak itu gw pake semacam filter dari fb. Jadi yang gw anggap ga penting, ga boleh muncul di kronologi gw. Enak aja! Kalau status rindu dari temen sih, sering-sering aja, sekalian arisan dan reuni kecil-kecilan (bahasanye, arisan, ciuuh). Melepas rindu.
Terus jaman sekarang kan udah banyak sosmed yah, twitter, ini, itu. Gw sih pengen aja ya sekedar pengen tau, nyoba ini itu. Sering deh bikin akun disana dimari, eehh jarang bahkan ga kebuka sama sekali. Punya twitter gw sih, tapi jarang buka. Bukan karena lupa kata sandinya, secara, kata sandi gw satu untuk semua, semua untuk satu, gimana bisa lupa? :D Kalau mau, follow deh selvi_manullang. Follower gw Cuma satu, itu juga bukan orang Indonesia. Yaahh so far, masih tetep lebih nyaman di fb, soalnya temen semua masih pada anteng di fb sih. Di twitter ga ada temen, ngapain juga. Nah, itu aja dulu deh cerita gw tentang facebook. Big thanks Mark Zuckerberg (bener ga sih ejaannya begitu?) ngasih kita some great fun in your house. Yah, pergunakan deh akun fb secara bijak. Banyak banget manfaatnya kok, Cuma tergantung orangnya aja alias user. So, be wise and have fun guys! ^^
Ps : maaf kalo ada kata2 yang menyakiti individu atau kelompok. This all my opinion, my straight right as a human to make some yah u know, critics is a good way to fix it all. So, keep readin’//// ciptakan kenyamanan berbelanja saudara!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar