Translate/Terjemahan

Senin, 17 Juni 2013

A Down wind a woman Story
(part 1)

So, sudah beberapa lama nggak muncul di dunia maya because of some reason. Gw mau menceritakan nih apa yang telah terjadi, cieee. Back to the A, jadi kk gw berencana melakukan operasi yang gw ga bisa sebutin apa, tapi tenang aja, bukan kanker otak kok. So, karena Cuma gw yang bisa alias lowong, maka gw pun di tunjuk sebagai duta P4K (penjaga kesehatan, keamanan, keselamatan dan kenyamanan)oleh keluarga gw yang imut-imut itu kalau di liat dari NY dan ngeliatnya pun pake gulungan surat. gw sih oke-oke aja, mana sekalian jalan-jalan juga. Pertanyaannya adalah : bagaimana caranya kesana? Jangan bilang pake bis, pesawat apalagi delman. Maksudnya begini, gw kan sejujur-jujurnya ke Serang baru 2 kali, selalu ada temen dan begonya gw selalu tidur dengan pulasnya di perjalanan. Alhasil, gw nggak begitu paham.
Wah, gimana dong, mana kk gw ngasih taunya mepet banget. Besok operasi, gw di kasih tau malam tepat sebelum eksekusi (parahh). Mana harus ke RS jam 08.00-nya. Jadi, berbekal pengetahuan yang gw dapat semasa SD tentang cara membaca gabungan huruf dan cara merapal doa agar selamat, maka inilah kesempatan gw untuk mempraktekkan ilmu gw itu. So, kk gw pun menjelaskan secara sederhana akan naik apa dan bagaimana. Gw pun di kasih dua opsi menuju ‘kematian’. Yang pertama dari rute Kalideres dengan naik bis full AC atau Sangiang berlanjut Balaraja dengan naik angkot. Eeits jangan pikir sesederhana itu ya. Oke, besok pagi gw akan berangkat secepat yang gw bisa, dan gw menyanggupi berangkat jam 04.30. terus terang malamnya gw hampir ga tidur karena rasa khawatir gw yang berlebihan. Gw pun membenarkan teori Pendeta bahwa : ORANG YANG KESUSAHAN EMANG LEBIH SERING BERDOA. Gw pun merapalkan doa.
Oke, it’s getting morning. Gw bangun 04.00. much better than late. Dengan bibir bergetar, gw tetep mandi. Suer. Terus beresin sedikit baju karena gw emang ga bakal lama disana. Gw berangkat. Persis 04.30. berani banget ga gw? Mana ga tau jalan, berangkatnya jam segitu dan gw cewek (emangnya ngaruh?) sebelum berangkat beli roti dulu sekedar ngeganjel. Ada kembaliannya gw taroh di plastiknya. Angkot pertama muncul. Gw pun naik. Disini pun gw melakukan kebodohan seperti biasanya. Gw pikir Sangiang masih jauh aja dan gw nyender dengan manisnya. Eehh udah nyampe aja, MANA ONGKOS GW??? Rogoh kantung celana, kantong tas dan dompet udah gw kubur jauh dalam-dalam. Oke, supirnya udah mulai garuk hidung (NO!) Penumpang lain mulai berbunyi riuh. Ohh LUPA, KAN DI PLASTIK TADI ADA DUIT KEMBALIAN. Dengan cengengesan gw ngasih dua ribuan. Turun dengan muka memutih. Oh ya, gw inget, dulu gw pernah ngalamin suatu kejadian lucu dan sekaligus memalukan. Jadi suatu hari dengan semena-mena gw berteriak-teriak di tempat kerja bagai mandor jalan. Akibatnya : suara gw ngilang! Jadi, gw sudah memutuskan libur dulu. Soalnya asli suara gw ngilang dengan pahitnya. Eehh karena ga ada karyawan lain alias SDM minim, gw ga bisa libur. Trus gimana? Ya tetep kerja. Dan besoknya suara gw udah ada sedikit dengan nada do tinggi bergetar-getar begitu cetar seperti sepeda (hah?) dari radio produksi tahun 5000 SM, naik angkotlah gw. Kalau mau berenti biasanya bilang ‘kiri’ atau ngegetok pala supirnya. Ya enggaklah. Atapnya. Nah, masalahnya gw duduk persis belakang supir dan gw ngebunyiin atapnya, supirnya ga denger. Naasnya lagi, musik dangdut yang di campur-campur sama musik progressive dengan semena-mena dibunyiin dengan speaker segede dua kali pala gw. Gw pun mencoba bersuara. Astaga. Yang keluar adalah suara unta yang dengan sengaja menginjak kaktus dan belum minum selama 2 abad penuh. Haikkkk! Gw pun di bantuin penumpang lain yang dengan manis mengamalkan Pancasila. Oh, akhirnya, gw pun bisa keluar dari nafas kota itu. Eehh kok masih diklaksonin ya gw?! Sang sopir teriak: “ONGKOSNYA MBAK!!” oh iya, dua ribuannya masih gw genggam erat. Dengan muka Miiko, gw balik lagi ke angkot dan ngasih tuh duit. Oh damn, penumpang lain senyum mesem-mesem.
BACK TO THE MAIN STORY.

Seingat gw kalo ke Serang selanjutnya naik angkot warna telor asin. Wah, ada tuh. Naik. Udah ada dua penumpang cewe di depan, jadinya gw di belakang. Ada 1 bapak-bapak, 3 anak muda. Wah, gw parno. Jangan-jangan ntar terjadi kayak di sinetron. Penculikan, dan gw dijadiin tukang sol sepatu! Oh, God give me a lil bit power. Aaahhh masa bodo. Gw kan jelek, pendek, item, udah gitu hidup pula. Jadi ga bakal di culik. Itu salah satu keuntungan jadi orang jelek. Dengan seenak jidat gw grasa-grusu buka bungkusan roti dan mulai melahapnya. Aduh, nggak enak pula. Minum. Sebentar. Sebentar, kata kk gw kan gw bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan dan dia sering begitu juga. Gw pikir emang gw belum tidur cukup. Jadi gw meremin mata. Baru juga 2 detik, eehh
 Gladak, gluduk, bruk, brek!
Bujug, jalannya ancur bener! Gimana cara kk gw bisa tidur?! Jadi dengan berat hati gw merelakan kepergian rasa kantuk yang secara mendalam telah merasuki otak gw secara biadab. Jadi gw memutuskan untuk mengamati apa-apa saja yang gw liat dan dengar selama perjalanan. Depan gw persis bapak-bapak yang ngantuk banget. Jadi kira-kira gw udah 7 watt, dia udah 3,01 watt. Dengan jelas gw baca di jidatnya tertulis : gw ngantuk banget, tolong dong jangan liatin gw seakan-akan gw bisa ngasih lu toyota crown mobil favorit lu itu! Yah mau gimana, secara, kita hadap-hadapan udah pasti sering saling pandang, melemparkan senyum manis yang abadi mempesona itu. Oke, gw beralih ke 3 cowo tadi, sama aja udah pada 4 watt dan ga ada yang cakep jadi mata gw tetep aja 7 watt. Oke, dua cewe depan deh. Yang satu rambutnya dipirangin. Yang satu biasa aja di gerai. Bentar-bentar gw denger bunyi ting tung ting tung suara khasnya bebe. Yang satu ngobrol ga berenti ama supir. Seingat gw sih mereka ngomongin tentang salah satu sopir yang suka jailin cewe-cewe. You knw wt i mean. Dan itu sampe dia turun di Balaraja. FYI, itu lumayan jauhnya. Terus gw ngapain ya, mana lupa lagi bawa headset kan lumayan buat dengerin lagu-lagu di hp gw yang walaupun begitu berkapasitas 4GB dan ratusan lagunya yang so awesome itu. Ah, sudahlah.
Singkat kata, singkat cerita, singkat legenda, gw pun diturunkan di salah satu (kalau ga salah) perempatan. Selanjutnya masih naik angkot lagi. Gw naik lagi. Penumpangnya lumayan banyak. Kayaknya udah hampir jam 6 pagi. Ibu-ibu lagi tuh. Tau sendiri kalau ibu-ibu ngumpul. NGERUMPIIII!! Lumayan deh, kali aja ada berita terbaru. Dan, ada satu ibu mukanya sangar banget. Duduknya persis di samping kiri gw. Badannya gedelah, lumayan. Feeling gw orang Batak nih. Keliatan banget mukanya orang Batak. Eehh dia kelimpungan, rogoh kantong, mana berisik banget sambil ngajak ngobrol ama temennya. Gw ngelirik mesra. Kayaknya ada kebodohan yang dia lakukan nih. Oh, bener, dompetnya nggak ada di tas! Dia pun nelpon seseorang. Kira-kira gini deh.
Mak Yang Diduga Orang Batak(MYDOB): Haloo (tuh kan, dalam hati gw, aksen Batak tuh)
Seseorang Disana(SD) : ---- (gw kan ga begitu denger, tapi kayaknya bilang halo juga)
MYDOB: Yang tinggalnya dompet mamak di situ? Liatlah dulu di atas lemari itu. Kayaknya tadi di situnya mamak bikin.
SD: -----------
MYDOB: Oh...tinggal ya?! Oh mamak ga punya duit ini. Lupa mamak. Simpanlah dulu ya. Hati-hati ya nak. Bye my lovely son (bagian terakhir gw bohong banget)
MYDOB matiin telpon dan bilang : “ee tahe, ai tinggal do hape di ginjang ni lemari eda dompethi, hupakke majo dua ribu dah hepengmi. On ma tahe molo nga matua,”
Abis itu masih cekikikan pula. Dasar Batak!
Jam 7 lebih gw nyampe di rumah kk gw dengan selamat dan tanpa ba bi bu, kita langsung ke RS.
A Down wind a woman Story
(part 2)

            Jam dengan kurang lebih tepat menunjukkan pukul 07.55 waktu kita nyampe di RS. Gw berangkat bareng kk dan salah satu anaknya alias ponakan gw yang baru merayakan ultah ke-5 tanggal 25/5 yang lalu. Kk gw rencananya di operasi jam 13.00 dan nyatanya molor setengah jam. Operasinya puji Tuhan lancar. Di kamar rawat (gw lupa istilahnya) kita tetanggaan ama dua orang. Yang satu nenek yang gw taksir berusia 75-an. Satunya lagi cewe yang gw taksir berumur 20-an. Si cewe jam 13.00-nya udah dibolehin pulang sama dokter. Gw sih ga terlalu tau kenapa dia terbaring di situ. Apa karena dia sekedar pengen ngerasain ranjang RS TNI AD, ataukah baru di kuadratkan ataukah baru di rumuskan dengan Fibonacci? Bukan urusan gw. Keluarga si nenek ramah banget. Katanya si nenek habis operasi. Materi selanjutnya SANGAT TIDAK DISARANKAN BUAT YANG GA SIAP MENTAL ALIAS JIJIK.
            Jadi, operasi apakah si nenek? Ada satu anaknya yang dengan ikhlas bercerita. Awalnya gw bertanya-tanya tentang kenapa si nenek tidurnya ga baringan, alias miring terus. Dan hampir ga pake baju. Tolong inget umur yang gw perkirakan tadi ya.
Ini dia jawabannya. Jerejejengjengjenggggg! Si nenek abis operasi bisul. Hah, BISUL DOANG DIOPERASI??! IYA, KARENA BISULNYA ADA 5 DAN 3 DIANTARANYA DEMPETAN JADINYA GEDE DAN LETAKNYA PERSIS DI LUBANG DUBUR SI NENEK! RASAIN COBA!!
Iya, sumpah, si nenek abis operasi bisul. Tidurnya miring juga supaya selang yang di alirkan dari dubur si nenek ke suatu kantong plastik ga berantakan. Jangan tanya kegunaan selang itu. Yang pasti selangnya jadi berwarna kuning. Emangnya apa lagi coba?! Katanya sejak di operasi si nenek mencret-mencret mulu. Gw bertekad untuk ga meliat ke arah situ. Dengan halus gw menarik tirai, eee kk gw pengen nonton juga. Damn! Si teteh cerita ibunya itu udah 9 kali masuk RS dan dia mengeluhkan pelayanan RS ini. Oh iya, pelayanannya terkesan buruk di mataku, cieee. Sayangnya, gw ga akan bercerita. Gini-gini gw takut juga jadi kayak si Prita(kasus Omni). Astagaaaa banyak banget tisu warna kuning bekas ngelapppp pup! Tidakkk!!!
            Ehh, dasar malang tak dapat di tolak, pagi hari yang cerah jadi saksi. Gw sih, sudah berusaha keras untuk ga ngelirik sedikit pun kesana. Tapi, pagi itu gw ngeliat juga. Ga sengaja sama sekali. Si teteh lagi ‘bersihin’ ibunya. Dan gw ngeliat dengan jelas keadaan peperangan itu. Gw pikir, udah ngeliat juga, sekalian aja gw pelototin. Emang bener, ada 3 bisul yang berdempetan dan udah menghitam. Selangnya juga sekalian gw pelototin. Alhasil, gw makan siang dengan lahap juga. Yang jadi pikiran gw ada dua : 1) anaknya cukup baik merawat ibunya tanpa rasa jijik, mudah-mudahan gw juga bisa begitu ya. 2) kalau gw di beri kesempatan untuk hidup segitu lama, maka kulit gw juga akan seperti itu, kayak gelambir mengkerut, sumpah jelek bgt.
            Singkat cerita, secara, ga mungkin gw ceritain semuanya kan, kita pun balik ke rumah kk gw. Ponakan gw langsung deh berisik lagi. Ada dua tuh, namanya David Richard sama Amel Richarda. Seperti biasaaa, dua bocah ini emang berisik banget. Rameeee banget. Gw pun di kasih tau kalo keluarga gw bakal ngumpul di Pamulang, rumah abang gw yang paling gede. Karna kk gw yang di Serang ga bisa ikut, maka intinya adalah : gw pun akan dengan keberanian gw pergi sendiri ke sono. Sebagai penghargaan atas keberhasilan gw sebagai duta P4K itu, gw pun di kasih beras 5liter. Ya, gw masukin tas aja dah. Isi tas gw kan sebelumnya Cuma beberapa potong baju. Jadi ga masalah. Tapi, apa mau disumpahin, perjalanan gw kali ini ngebetein dengan sangat. Macetnya berjam-jam dan you knw wt? Ga gerak sama sekali. Mana angkotnya penuh banget, dan itu sekitar jam 11-12an jadi panasnya itu bener-bener deh. Sayang gw nggak tau tepatnya daerah mana itu. Karena kelelahan yang mendera, gw pun ketiduran di angkot sementara kk gw yang ketemu di K.Nanas jadi navigator. Tak lama kemudian gw tersadar, tangan gw kok basah?? Mulut gw juga?! Oh damn, gw mengeluarkan cairan asem ternyata!! Sebodo-lah. Namanya juga tidur. Akhir dari perjalanan siang itu adalah : GW DAN KK GW JALAN KAKI SEJAUH +/- 1,5 KM DAN INGET APA YANG ADA DI TAS GW??? 5 LITER BERASSSSS!!! Bayangin penderitaan gw!
Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, gw dan kk gw (yang ketemu di K.Nanas) nyampe juga ke rumah abang gw. Malamnya kita ngumpul makan malam bareng, suatu hal yang sangat jarang terjadi. And just like usual, disini pun kita dengan sukses membuat suasana semakin rame. Ketawa bareng, ngakak sejadi-jadinya adalah hal yang sangat mahal kan? Kalu keluarga gw ketemuan, hal yang dilakukan dengan penuh sukacita adalah : main kartu. Nggak nanggung tuh. Sekeluarga hobinya sama. Ponakan gw terhitung Andre dan Poppy adalah yang udah tau main kartu itu sejak kelas 3 SD. Di tularin kk2 gw. Dasar POA(Pomparan Ompu Andre). Dan yak itulah perjalanan singkat gw yang sedikit banyak pasti give you some morality message.
Yang pertama : kesehatan itu mahal ibuuuu
Yang kedua : gunain otak dimana pun berada, gunain kemampuan yang diturunkan guru SD kita melalui pertapaan (membaca dan merapal doa)
Yang ketiga : musibah emang hak dan kewajiban semua orang
Yang keempat : secantik/gantengnya kita, kalau udah 75 tahun sama aja, berkerut dan sadarilah itu, dasar sombong! (ngomong ama siapa?)
Yah, sudahlah, thanks for read this fool story. Keep wise inside (^_^).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar